Friday, March 30, 2018

Follow Your Passion : Be A Writer


Strategi Alkemis untuk Sukses Menulis

Oleh : Dr. Saifur Rohman

Penerbit : PT Grasindo, 2014
Tebal : 136 halaman


Verba volant, scripta manent, merupakan pepatah Yunani kuno yang mempunyai arti sesuatu yang terucap akan diterbangkan angin, segala hal yang tertulis akan abadi. Adalah Arsitoteles menjadi contoh sempurna pepatah tersebut, dimana Aristoteles hidup di abad ke-5 SM, namun namanya tetap abadi berkat tulisannya.

Untuk menjadi penulis kita perlu tahu sistematika secara lengkap, yaitu dimana terdiri dari pengantar, masalah, pembahasan dan penutup. Masalah yang kita sodorkan kepada pembaca nantinya kita lanjutkan dengan teknik membahas masalah yang inovatif dan menyenangkan.

Pada umumnya sebuah tulisan ilmiah terdiri dari 10-20 halaman spasi dua atau terdiri dari 3500 - 7000 kata.

Untuk pembuatan atau proyek pengerjaan buku kita perlu membuat jadwal dan target, tentukan waktu berapa lama yang ingin dibutuhkan untuk menyelesaikan buku tersebut. Untuk mempermudah monitoring tulislah jumlah halaman yang ingin diselesaikan dalam 1 minggu.

Contoh yang menerapkan strategi tersebut adalah Jean-Paul Sartre, filsuf Prancis, yang menulis buku dengan ketebalan 1000 halaman dengan menerapkan disiplin tinggi yaitu 4 jam dalam sehari.

Terkadang kita malas menulis dengan alasan mood. Perlu diingat bahwa mood bukanlah yang datang dari luar, namun mood berasal dari pikiran kita sendiri. Sehingga jangan sampai kita diatur oleh mood, namun kita sendirilah yang mengatur mood kita.

Tips terakhir, dalam pembuatan buku atau artikel hindari kesan kita menjelaskan, namun sebaiknya kita menulis dengan cara menceritakan.

#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

The Jesus Family Tomb

Related Posts