Saturday, August 13, 2016

6 Keranjang 7 Langkah Api

Rahasia Keberhasilan yang Akan Membedakan Anda dari yang Lain


Oleh : Lim Tung Ning

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama, 2015
Tebal : 162 halaman


Buku yang sangat recomended bagi yang sedang menata keluarga baru sebagai dasar agar keuangan keluarga dapat tertata dengan baik dan benar. Diceritakan berdasarkan pengalaman pribadi yang berharga bagi kita.

Siklus hidup orang sukses dapat dipelajari dan umumnya mengalami 4 tahap, yaitu
1. Financial Readines (Bertahan hidup)
2. Financial Stability (Stabil)
3. Financial Security / Freedom (Sukses)
4. Financial Legend (Signifikan)

1. Financial Readines (Bertahan hidup)
Tahap paling awal yaitu tahap bertahan hidup adalah tahap paling basic yang harus dilalui yaitu kita harus mempunyai penghasilan.

2. Financial Stability (Stabil)
Tahap berikutnya adalah dimana kondisi keuangan kita stabil yaitu kita memiliki kehidupan yang aman dan nyaman secara keuangan

3. Financial Security / Freedom (Sukses)
Tahap ketiga adalah dimana kita dapat hidup dengan gaya hidup yang baik dan berkualitas yaitu dengan ciri kita telah memiliki rumah, dana pendidikan dan dana pensiun.

4. Financial Legend (Signifikan)
Tahapan tertinggi ini atau yang terakhir yaitu dimana kita tidak hanya dapat berkontribusi terhadap kita sendiri namun juga dapat memberikan kepada anak dan cucu kita kelak.
 
Untuk mencapai tahap demi tahap tersebut kita harus melakukan pengorbanan yang dilandasi rasa optimisme dan harapan sehingga dapat meraih kesuksesan.

Definisi pengorbanan adalah melepaskan sesuatu demi hal yang lain yang tentunya nilainya lebih besar.

Kesuksesan akan datang entah cepat atau lambat sehingga seharusnya kita lebih fokus akan bagaimana kita akan meraihnya bukan seberapa cepat kita meraih kesuksesan tersebut.

Optimis adalah sikap namun kita harus mempunyai harapan (hope) untuk dapat melaksanakan aksi mewujudkan demi tercapainya tujuan.

Yang menarik lagi dalam buku ini dikupas gaya perencanaan orang yang ternyata berbeda-beda tergantung dari kepribadian masing-masing. Dimana kepribadian dapat dibagi menjadi 4, yaitu Koleris, Sanguinis, Plegmatis dan Melankolis.

Misalnya jika kita dalah seorang Melankolis, yaitu pribadi yang penuh talenta, perfeksionis, teratur dan rapi. Cirinya adalah ruang kerja yang selalu menjadi paling rapi di seluruh kantor, dan cenderung mempunyai sifat mengatur.

Orang yang mempunyai kepribadian Melankolis ini mempunyai ciri khas dalam merencanakan keuangan adalah
- Pembeli terbaik
- Melakukan riset sebelum membeli
- Mencari program investasi jelas, terperinci dan kepastian
- Membuat anggaran pribadi sejak usia dini

Berbalik 180 derajat dengan orang yang mempunyai kepribadian Sanguinis, dimana orang dengan kepribadian ini mempunyai ciri mempunyai antusias, berisik, suka bersenang-senang dan menikmati hidup.

Karena sangat antusias sehingga terkadang lupa memperhatikan detail misalnya daftar harga. Namun seorang Sanguinis merupakan penjual yang hebat.

Namun apapun jenis kepribadian kita yang berbeda-beda, namun ada 1 formula sama yang dapat kita lakukan, yaitu
20% untuk tabungan
60% untuk kebutuhan
20% untuk keinginan

Dan pesan terakhir dalam buku ini yang sangat penting dipahami adalah sepintar apapun kita dalam mencari uang, bukan bearti pula kita pintar dalam mengelola uang.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts