Thursday, May 9, 2013

100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia


Penulis : Michael H. Hart

Penerbit : PT Mizan Publika, 2012
Tebal : 577 halaman

Ini merupakan buku yang sudah lama aku cari-cari. Buku terbitan pertama tahun 1978 memang sudah tidak mungkin aku dapatkan. Jadi yang aku cari adalah yang edisi revisi tahun 1992, atau yang dicetak di Indonesia tahun 2009 dan 2012.

Dan akhirnya di awal tahun 2013 dapat juga buku yang lama aku incar.

Buku ini ditulis oleh Michael H. Hart yaitu seorang penulis yang pernah bekerja pada NASA dan guru besar astronomi dan fisika perguruan tinggi di Maryland, Amerika Serikat. Ia sarjana fisika, astronomi, hukum.

Yang menarik adalah Nabi Muhammad berada dalam urutan pertama daftar 100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia, dengan pertimbangan Nabi Muhammad adalah satu-satunya manusia dalam sejarah yang berhasil meraih sukses-sukses luar biasa baik ditilik dari ukuran agama maupun ruang lingkup duniawi.

Berasal-usul dari keluarga sederhana, Muhammad menegakkan dan menyebarkan salah satu dari agama terbesar di dunia, Agama Islam. Dan pada saat yang bersamaan tampil sebagai seorang pemimpin tangguh, tulen, dan efektif. Kini tiga belas abad sesudah wafatnya, pengaruhnya masih tetap kuat dan mendalam serta berakar.

Sebagian besar dari orang-orang yang tercantum di dalam buku ini merupakan makhluk beruntung karena lahir dan dibesarkan di pusat-pusat peradaban manusia, berkultur tinggi dan tempat perputaran politik bangsa-bangsa. Muhammad lahir pada tahun 570 M, di kota Mekkah, di bagian agak selatan Jazirah Arabia, suatu tempat yang waktu itu merupakan daerah yang paling terbelakang di dunia, jauh dari pusat perdagangan, seni maupun ilmu pengetahuan.


#sinopsisbuku #resensibuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

The Jesus Family Tomb

Related Posts