Friday, January 1, 2010

Tumbuhkan Minat Kembangkan Bakat


Oleh : Harun Iskandar

Penerbit : ST Book, 2010
Tebal : 102 halaman


Buku "Tumbuhkan Minat Kembangkan Bakat" adalah panduan praktis untuk membantu individu menemukan minat mereka dan mengembangkan bakat potensial yang dimiliki. Buku ini menawarkan wawasan yang berharga dan strategi praktis untuk mencapai potensi penuh dalam berbagai bidang kehidupan.

Minat dapat menjadi pendorong utama dalam meraih kesuksesan dan kebahagiaan pribadi. Melalui contoh-contoh nyata dan penelitian terkini, penulis mengilustrasikan bahwa minat yang kuat akan memberikan motivasi yang berkelanjutan.

Cara untuk menemukan minat yang sesuai dengan kepribadian dan minat individu yaitu dengan latihan refleksi yang membantu kita menggali minat tersembunyi dan memahami apa yang benar-benar disukai. Juga penting untuk eksplorasi dan pengalaman baru dalam mencari minat yang tepat.

Panduan mengembangkan bakat adalah dengan mengasah dan memperluas keterampilan yang sesuai dengan minat yang telah ditemukan. Penting untuk kita memiliki ketekunan, latihan teratur, dan belajar dari kegagalan dalam proses pengembangan bakat.

Hambatan dan rintangan akan muncul dalam perjalanan mengembangkan bakat. Untuk itu kita harus bisa mengatasi ketakutan, kekurangan kepercayaan diri, dan tekanan dari lingkungan sekitar. 

Jadikan penemuan minat dan pengembangan bakat sebagai bagian tak terpisahkan dari perjalanan hidup mereka. Dia menginspirasi pembaca untuk tetap berani mencoba hal-hal baru, terus berkembang, dan menjadikan minat dan bakat mereka sebagai kekuatan utama dalam mencapai tujuan hidup.

Semua orang ingin agar usahanya dapat meraih sukses, tak jarang para orang tua menekankan keinginan untuk mengikuti jejaknya, padahal sebenarnya sang anak tak ada minat sama sekali dan tidak sesuai dengan bakat yang dimilikinya.

Setiap orang memiliki karakteristik, kemampuan dan bakat yang berbeda-beda. Perbedaan ini menyebabkan banyaknya bidang yang akan dikerjakan, dimana satu sama lain berkesempatan untuk menggeluti dan menikmati hasil yang diperolehnya.

Sebagian orang kurang menyadari akan dirinya sendiri, bahwa dalam dirinya mempunyai potensi yang suatu saat jika ada kesempatan berkembang akan membawa manfaat bagi kehidupannya.

Mengembangkan bakat tentulah harus dimulai dengan menumbuhkan minat, karena pengembangan bakat adalah usaha diri dalam mempercepat penguasaan, sehingga terampil pada bidang yang akan digelutinya.

Salah satu untuk menumbuhkan minat dan mengembangkan bakat adalah sikap disiplin. Disiplin adalah tindakan yang senantiasa berdasar pada tata tertib yang sudah digariskan.

Untuk mencapai suatu prestasi yang baik diperlukan kedisplinan yang tinggi. Yaitu disiplin dalam menjalankan program-program atau tugas-tugas yang harus dijalankan sesuai dengan petunjuk yang ditetapkan atasan, manager, pelatih maupun pembimbing yang mengarahkan Anda ke jenjang yang lebih tinggi.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts