Sunday, December 21, 2008

To Be a Great Leader


Oleh : Semuil Tjiharjadi, ST, MM, MT, dkk

Penerbit : Andi Yogyakarta, 2007
Tebal : 258 halaman


Kepemimpinan atau leadership merupakan suatu keahlian yang harus dikuasai oleh para pemimpin dan manajer. Leadership tidak lagi dipandang sebahai suatu keahlian saja tapi juga sebagai karakter atau sifat yang harus dimiliki oleh pemimpin sejati.

Pada halaman 29 disebutkan bahwa kepemimpinan lahir sebagai suatu konsekuensi logis dari perilaku dan budaya manusia yang terlahir sebagai individu yang memiliki ketergantungan sosial (zoon politicon) yang sangat tinggi dalam memenuhi berbagai kebutuhannya (homo sapiens). Abraham Maslow mengidentifikasi adanya 5 tingkat kebutuhan manusia.

1. Kebutuhan biologis
2. Kebutuhan akan rasa aman
3. Kebutuhan untuk diterima dan dihormati oleh orang lain
4. Kebutuhan untuk memiliki citra yang baik
5. Kebutuhan untuk menunjukkan prestasi yang baik

Seorang pemimpin memerlukan pemahaman mengenai cara berkomunikasi dengan orang lain yang ada di sekitarnya terutama dengan para anggota. Oleh karena itu, seorang pemimpin memerlukan pemahaman mengenai komunikasi antarpribadi seperti penggunaan komunikasi verbal (ucapan) dan nonverbal (bahasa tubuh). Hal ini disebutkan dalam buku ini pada halaman 191.


#sinopsisbuku #resensibuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts