Wednesday, December 14, 2022

Ekonomi Manajerial

Pembuatan Keputusan Bisnis

Oleh : Vincent Gaspersz

Penerbit : PT Gramedia, 2005

Tebal : 500 halaman


Managerial Economics memiliki tujuan untuk menganalis keputusan manajerial dengan menerapkan microeconomic theory sehingga juga disebut sebagai applied microeconomics yang berkaitan studi dan analisis.

Hal yang sering dikaji diantaranya adalah penggunaan tenaga kerja suatu perusahaan, cara meminimumkan biaya dan cara menetapkan harga.

Interaksi antara konsumen dan produsen akan membawa pasar kepada market equilibrium.

Pada kondisi excess demand bisa diketahui dimana pasar kekurangan produk atau dimana jumlah produk yang diminta lebih besar daripada jumlah produk yang ditawarkan. Pada masa shortage condition maka akan mendorong harga ke atas.

Sedangkan pada kondisi excess supply bisa diketahui dimana pasar kelebihan produk atau dimana jumlah produk yang ditawarkan lebih besar daripada jumlah barang yang diminta. Pada masa surplus condition ini maka akan menekan harga ke bawah untuk menuju keseimbangan.

Konsumen akan selalu menginginkan produk yang memiliki karakteristik faster (lebih cepat), cheaper (lebih murah) dan better (lebih baik).

Learning curve atau experience curve adalah kurva pengalaman yang menunjukkan tenaga kerja akan memberikan hasil yang lebih baik setelah pengalaman yang dijalani meningkat.

Fixed cost merupakan biaya untuk input tetap yang terdiri dari biaya mesin, peralatan, upah tenaga kerja. Sedangkan variable cost merupakan biaya untuk input yang tergantung pada jumlah output yang terdiri dari upah tenaga kerja langsung, biaya material dan lainnya.


No comments:

Post a Comment

Featured Post

The Jesus Family Tomb

Related Posts