Sunday, April 1, 2012

117 Hari-Hari Penting yang Mengubah Dunia


Oleh : Zulkifli

Penerbit : Interpreebook, 2011
Tebal : 167 halaman


Masa lalu adalah sejarah. Dan sejarah mengajarkan manusia untuk tidak mengulangi kesalahan serta belajar dari kearifan masa lalu.

Hari-hari peringatan bukanlah sebuah hari yang selalu berbicara mengenai pesta dan senang-senang. Banyak hari-hari peringatan yang justru diadakan untuk mengajak manusia berpikir kembali mengenai berbagai persoalan yang berhubungan dengan hari tersebut.

Hari-hari yang bersejarah dan telah banyak mengubah wajah dunia. Lahirnya peringatan hari-hari ini tidak lepas dari berbagai peristiwa dan sejarah penting yang telah mengubah kehidupan masyarakat secara luas.

117 hari-hari penting dunia dipetakan secara lengkap dalam buku ini yang mencakup bidang lingkungan, kesehatan, politik, ekonomi dan budaya.

Salah satu dari 117 hari penting tersebut pada halaman 125. Yaitu tanggal 24 Oktober, yaitu Hari Ulang Tahun PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Perserikatan Bangsa-Bangsa didirikan di San Fransisco pada tanggal 24 Oktober 1945 setelah Konferensi Dumbarton Oaks di Washington DC, namun Sidang Umum yang pertama yang dihadiri wakil dari 51 negara berlangsung pada 10 Januari 1946 di Church House, London. Dari tahun 1919 hingga 1946 terdapat sebuah organisasi yang mirip, bernama Liga Bangsa-Bangsa yang bisa dianggap sebagai pendahulu PBB.


#sinopsisbuku #resensibuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Rahasia Nusantara

Candi Misterius Wangsa Syailendra Penulis : Asisi Suhariyanto Penerbit : GagasMedia, 2024 Tebal : 274 halaman Budaya bukan sekedar kesenian ...

Related Posts