Saturday, August 6, 2016

Debat Islam vs Non-Islam

Zakir Naik Answers to Non-Muslims' Common Questions about Islam
Argumen Cerdas Zakir Naik yang Membuat Orang Tercengang bahkan Masuk Islam


Oleh : dr. Zakir Naik

Penerbit : Aqwam, 2016
Tebal : 195 halaman


Berawal dari sering melihat video yang banyak diupload mengenai beberapa ceramah dr. Zakir Naik dan kemudian tidak sengaja melihat status di Facebook  Zona Muslim bahwa dijual buku mengenai Debat Islam vs Non-Islam dari dr Zakir Naik.

Yaitu tepatnya pada tanggal 28 Juli 2016, seketika aku hubungi nomor kontak 0813 2552 9798 yang tertera. Aku hubungi via whatsapp dan aku pesan buku tersebut.

Ada balasan bahwa harga buku ditambah ongkir sebesar Rp 25.000 sehingga total biaya yang harus aku transfer adalah Rp 115.000 yang dikirim tidak buku saja tapi juga 2 buah DVD yang janjinya akan dikirim pada tanggal 1 Agustus 2016. Dan keesokan harinya aku transfer sejumlah biaya yang dimaksud.

Dan akhirnya tanggal 6 Agustus buku yang ditunggu-tunggu tiba. Beberapa hal yang aku kutip dalam buku ini yaitu sebagai berikut.

Zakir Naik, seorang penceramah Islam asal India, telah menjadi tokoh terkemuka di dunia Muslim selama beberapa dekade. Dilahirkan pada 18 Oktober 1965 di Mumbai, India, Naik telah naik daun melalui ceramah-ceramahnya, acara televisi, dan jaringan Peace TV, di mana ia membahas berbagai aspek Islam, perbandingan agama, dan berita terkini.

Gaya dakwah Naik ditandai dengan pengetahuannya yang luas tentang teks-teks keagamaan, terutama Al-Quran dan Hadis, yang sering dia kutip secara luas selama pidatonya. Dia dikenal karena presentasinya yang jelas dan kemampuannya untuk berdebat dengan individu dari berbagai kepercayaan, membela Islam dan menantang keyakinan agama lain.

Zakir Naik mengatakan ia terinspirasi oleh Ahmed Deedat yang telah aktif dibidang dakwah selama lebih dari 40 tahun. Menurut Zakir Naik, tujuannya adalah berkonsentrasi pada remaja Muslim berpendidikan yang mulai meragukan agamanya sendiri dan merasa agamanya telah kuno, selain itu untuk menghilangkan kesalahpahaman tentang Islam.

Di dunia dakwah, nama Dr. Zakir Naik terdengar begitu fenomenal di era ini. Ternyata, ia merupakan salah satu dari tiga pendakwah paling berpengaruh di dunia. Yang lain adalah gurunya sendiri, Ahmed Deedat. Namun, beliau sudah meninggal pada tahun 1998 silam. Satu lagi, Yusuf Estes, mantan missionaris Kristen yang akhirnya memeluk Islam dan kemudian menjadi dai, mengislamkan ribuan orang di Amerika dan belahan dunia lain.

Ingatan Dr. Zakir Naik sungguh luar biasa. Ia tidak hanya mampu menghafal al-Qur’an dan hadits-hadits Shahih Bukhari-Muslim, tapi juga menguasai kitab-kitab milik agama lain seperti Hindu, Buddha, dan Kristen. Ribuan orang Hindu India berhasil ia Islamkan. Ia juga mampu mengoreksi para pastur atau pendeta jika mereka salah dalam mengutip ayat-ayat di Bible. Karena itulah, dakwahnya begitu memukau dan dinantikan banyak orang.

Ujian.
Hidup adalah ujian untuk akhirat, seperti yang disebutkan dalam ayat suci Al Quran QS Al-Mulk:2 "Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya..."

Poligami.
Mengenai poligami juga terdapat salah kaprah, kita harus memahami konteks terutama situasi dalam masa lampau, bahwa tidak ada batasan bagi poligami sehingga sudah umum laki-laki memiliki banyak istri bahkan sampai ratusan.

Dan kitab suci Al-Quran merupakan satu-satunya kitab yang mengatakan "Nikahi satu saja", konteks frasa tersebut ada pada Surah An-Nisa: 3, yaitu "Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil,, terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu menikahinya) maka nikahilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil maka (nikahilah) seorang saja.."

Jadi poligami bukan kebiasaan melainkan perkecualian, karena banyak orang salah persepsi dan menyangka bahwa seorang muslim wajib mempunyai istri lebih dari satu.



Hijab.
Allah dalam Al-Quran menjelaskan bahwa dalam hijab yang diperintahkan pertama adalah pada kaum laku-laki, yaitu pada QS An-Nur : 30, setelah itu hijab baru diperuntukkan kepada perempuan sebagaimana disebutkan pada QS An-Nur : 31.

Katakanlah (wahai Muhammad) kepada orang-orang lelaki yang beriman supaya mereka menyekat pandangan mereka (daripada memandang yang haram), dan memelihara kehormatan mereka. Yang demikian itu lebih suci bagi mereka; sesungguhnya Allah Amat Mendalam PengetahuanNya tentang apa yang mereka kerjakan. (QS An-Nur : 30).

Dan katakanlah kepada perempuan-perempuan yang beriman supaya menyekat pandangan mereka (daripada memandang yang haram), dan memelihara kehormatan mereka; dan janganlah mereka memperlihatkan perhiasan tubuh mereka kecuali yang zahir daripadanya; dan hendaklah mereka menutup belahan leher bajunya dengan tudung kepala mereka; dan janganlah mereka memperlihatkan perhiasan tubuh mereka melainkan kepada suami mereka, atau bapa mereka atau bapa mertua mereka atau anak-anak mereka, atau anak-anak tiri mereka, atau saudara-saudara mereka, atau anak bagi saudara-saudara mereka yang lelaki, atau anak bagi saudara-saudara mereka yang perempuan, atau perempuan-perempuan Islam, atau hamba-hamba mereka, atau orang gaji dari orang-orang lelaki yang telah tua dan tidak berkeinginan kepada perempuan, atau kanak-kanak yang belum mengerti lagi tentang aurat perempuan; dan janganlah mereka menghentakkan kaki untuk diketahui orang akan apa yang tersembunyi dari perhiasan mereka; dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, supaya kamu berjaya. (QS An-Nur : 31).

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts