Sunday, January 28, 2007

Imperium III

Zaman Kebangkitan Besar
Rahasia 1000 Tahun Keunggulan dan Kekayaan Manusia


Oleh : Eko Laksono

Penerbit : Hikmah (PT Mizan Publika), 2006
Tebal : 455 halaman

Buku ini sebenarnya mirip dengan buku Sejarah yang dipelajari oleh murid di bangku sekolah. Namun selain dirangkum menjadi 1 buku tebal, membaca buku ini lebih menarik daripada buku sekolah.

Salah satu yang membuat menarik adalah rentetan cerita yang mengalir menjadi runtutan yang enak dibaca.

Dimulai dari tahun 570 saat Nabi Muhammad lahir di kota Mekkah, kemudian dilanjut tahun 1267 saat Roger Bacon dari Inggris memberikan karya besarnya "Opus Majus" ke Paus Clement IV, yang didalamnya berisi ilmu tentang matematika, optik, astronomi dan kimia, lalu dilanjut dengan dengan masa Renaissance atau Kebangkitan Eropa yang dimulai tahun 1434 saat Cosimo de Medici berkuasa di Florence, Italia.

Cerita sejarah belum berakhir, dilanjut tahun 1765 saat Inggris kesulitan keuangan akibat perang, dan mulai melakukan ekspansi ke seluruh dunia dan Inggris menguasai seluruh dunia terutama pada tahun 1769 saat mesin uap disempurnakan oleh James Watt sebagai tanda dimulainya Revolusi Industri.

Berakhir? Belum. Tahun 1868 Restorasi Meiji terjadi di Jepang, lalu tahun 1914 penguasa Austria Franz Ferdinand dibunuh, dan di tahun ini awal Perang Dunia I. Tahun 1940 pasukan sekutu terperangkap di pantai Dunkirk. Daratan Eropa sudah dikuasai Jerman, inilah tahun awal Perang Dunia II.

Cerita sejarah berlanjut tahun 1947 sebagai akhir dari Perang Dunia II dengan ditandai pakar manajemen kualitas dari Amerika, Edward Deming ke Jepang dan cerita berakhir tahun 2003 saat Human Genome Project selesai dengan berhasil memetakan 99.9% struktur genome manusia.


#sinopsisbuku #resensibuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts