Wednesday, August 3, 2016

Bersikap Tegas dalam Segala Situasi


Oleh : Sue Hadfield & Gill Hasson

Penerbit : PT Bhuana Ilmu Populer, 2014
Tebal : 256 halaman

Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali dihadapkan pada situasi-situasi yang membutuhkan sikap yang tegas. Baik itu di tempat kerja, dalam hubungan pribadi, atau bahkan dalam menghadapi tantangan-tantangan sehari-hari, kemampuan untuk bersikap tegas merupakan kualitas yang sangat berharga. 

Banyak orang mungkin menganggap sikap tegas sebagai sikap yang kasar, dominan, atau tidak ramah. 

Bersikap tegas sejatinya merupakan sikap yang berdasarkan pada kepercayaan diri yang kuat, komunikasi yang efektif, dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat.

Dengan penekanan pada komunikasi yang efektif, pembaca akan belajar cara mengungkapkan keinginan dan pendapat mereka dengan jelas, tanpa menjadi agresif atau mengabaikan perasaan orang lain.

Tokoh sukses adalah mereka yang melakukan perubahan dengan tegas. Hal ini lah yang akan kita pelajari dalam buku ini. Namun kita perlu pahami terlebih dahulu, apa yang dimaksud dengan tegas.

Tegas bukanlah perbuatan yang dengan berteriak, mengancam karena hal tersebut disebut dengan agresif. Namun bersikap tegas adalah kita lakukan dengan cara lugas dan penuh percaya diri serta diperlukan harga diri untuk melakukannya.

Demikian pula saat kita berkata "TIDAK" dengan tegas, tidak perlu secara agresif dan bersuara keras.

Dalam melakukan kritik terhadap kekeliruan yang diperbuat orang lain perlu diingat bahwa yang kita kritik adalah perbuatannya, bukan orang atau pelakunya.

Dan saran terakhir yang menjadi poin dalam buku ini adalah perlunya kita mengambil keputusan-keputusan kecil dengan segera sehingga kita tidak akan dibebani dan menjadikan kita bebas secara pikiran untuk hal lain yang lebih penting.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts