Saturday, September 19, 2015

Animal Based Management

Rahasia Merek-Merek Raksasa Berjaya


Oleh : Satrio Wahono dan Dola Purnomo

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama, 2010
Tebal : 202 halaman


Buku ini seputar strategi management ini sangat unik dan tidak terpikirkan sebelumnya, karena menganalogikan pendekatan leadership dan management berdasarkan sifat dan karekteristik dari alam semesta yaitu lebih tepatnya kepada hewan.

Misalnya saja filosofi hewan burung dari Mooryati yang berhasil membesarkan Mustika Ratu, dimana saat merintis beliau semat dicemooh oleh sebagian orang "Apa tidak cukup uang dari suami", dan jawaban diplomatis dari beliau adalah "Memang tidak cukup kok". Teladan yang dapat kita tiru dari Mooryati adalah "Berikan perhatian yang lebih pada pelanggan kita, bukan pada pengkritik yang biasanya datang dari lingkungan terdekat".

Hewan lain yang digunakan oleh Spencer Johnson adalah tikus, dimana tikus senantiasa bergerak dan berani keluar dari zona nyaman untuk bersiap menghadapi perubahan yang selalu ada di kehidupan. Hal ini diterapkan dengan baik oleh Jeff Bezos, sang penemu Amazon, dimana Bezos mempunyai visi "Saat kita dapat mengubah secara mendasar proses bisnis yang uatam dan melakukan segala sesuatunya dalam cara yang benar-benar baru, maka itulah revolusi".

Kasus lain adalah sang band legenda The Beatle yang mengamini Mark Twain, yaitu "Setiap hari lakukan hal yang tidak kamu suka, maka itulah kunci utama agar terbiasa melakukan suatu kewajiban tanpa merasa kesakitan".

Yang menarik lainnya adalah Howard Schultz yang meniru filosofi sang Harimau, yang selalalu memangsa tapi tak pernah puas, sebelum sukses membesut Starbucks, awalnya dia adalah seorang salesman yang sering ditolak dan gagal. Namun alih-alih penolakan membuat dia kecil hati, Schultz menjadi tebal muka dan semakin berusaha mempercepat gerak penjualan produk.

#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Stories of Crime and Detection

Related Posts