Wednesday, February 14, 2024

The Jacatra Secret

Oleh : Rizki Ridyasmara

Penerbit : Salsabila, 2011

Tebal : 521 halaman


Rahasia besar jakarta yang sengaja dikubur dalam-dalam oleh para pembangunnya selama berabad-abad terkuat satu per satu. Bukti tak terbantahkan, sejarah yang tak tersampaikan.

Rahasia besar jakarta yang sengaja dikubur dalam-dalam oleh para pembangunnya selama berabad-abad terkuak satu per satu. Bukti tak terbantahkan berserakan; ada sejarah yang sengaja tak disampaikan.

Novel ini menyajikan banyak fakta sejarah yang mengarahkan pembacanya ke keilmuan kontra-arus utama. Dengan menyusun teori konspirasi, khususnya teori konspirasi simbolik, menjadikan novel ini menjadi buku yang seru.

Dalam buku ini banyak juga menguak sejarah-sejarah yang agaknya tak banyak ditemui dalam buku sejarah mainstream. Seperti sejarah terbentuknya Batavia, hingga bangunan-bangunan bekas penjajahan yang masih kokoh berdiri di Jakarta. Bukan hanya bualan belaka, penulis banyak menyertakan foto-foto sebagai penguat fakta yang ia sajikan.

Simbol merupakan sesuatu yang penting bukan hanya bagi Freemason, tetapi modern ini setiap organisasi khususnya di Indonesia memiliki simbol yang memiliki makna berbeda sesuai kultur organisasi dan tujuan organisasi itu sendiri.

Freemason atau freemasonry merupakan organisasi rahasia yang terkait dengan suatu tarekat atau ajaran ritual yang tidak boleh dijelaskan kepada orang luar, namun mengandung nilai humanisme ketimbang nilai religius tradisional.

Banyak sekali ilmu pengetahuan yang dapat diambil dari buku ini. Khususnya yang berkaitan dangan sejarah Jakarta sebagai latar tempat dari buku ini sendiri.

Aada tiga sorotan yang akan coba dibahas satu persatu, yakni : Pertama, simbol-simbol Freemason yang tersebar di wilayah Jakarta dan kota besar lain di Indonesia.

TAHUKAH ANDA jika renovasi Air Mancur Bundaran Hotel Indonesia di tahun 2001 sarat dengan simbolisme Kabbalah, dimana proyeknya mengambil tema sentral “Cahaya” atau “Illuminaty”?

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Stories of Crime and Detection

Related Posts