Wednesday, January 3, 2024

Perang Pemasaran

Oleh : Al Ries & Jack Trout

Penerbit : Erlangga, 1989

Tebal : 188 halaman


Buku terbaik tentang pemasaran adalah yang ditulis oleh pensiunan jenderal Prussia, yaitu Karl Von Clausewitz dengan judul Di Medan Perang (On War), tahun 1832, yang mengupas prinsip-prinsip strategis di balik semua perang yang berhasil.

Definisi klasik pemasaran adalah pemasaran harus melakukan sesuatu yang berkenaan dengan pemuasaan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Orang pemasaran secara tradisional memiliki sikap orientasi pada pelanggan (customer oriented).

Sekarang ini, perusahaan harus berorientasi pada pesaing (competitor-oriented). Yaitu perusahaan harus saling mencari titik lemah posisi dari para pesaing lalu mulai menggunakan strategi pemasaran terhadap kelemahan tersebut.

Oleh karena itu rencana pemasaran di masa mendatang akan lebih banyak membahas persaingan. Mungkin pemasaran bukan arena peperangan, namun persaingan sebagai musuh dan sasarannya adalah untuk memenangkan pertempuran.

Persaingan bebas adalah perang pemasaran.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Stories of Crime and Detection

Related Posts