Wednesday, January 24, 2024

Dunia di Tahun 2020



Oleh : Hamish McRae

Penerbit : Binarupa Aksara, 1995

Tebal : 321 halaman


Buku ini memprediksi, pada tahun 2020, dunia akan bergerak lebih jauh dari akar Anglo-Saxon yang berkulit putih.

Sebuah keluarga kelas menengah di tahun 2020 mungkin hanya punya standar kehidupan sesungguhnya yang sedikit lebih tinggi daripada keluarga di tahun 1970.

AS di tahun 2020 meskipun tetap menjadi pemimpin dunia, namun mereka tidak lagi menjadi bangsa yang paling kaya di dunia, dukungan domestik untuk kepemimpinan internasional akan semakin tipis.

Tahun 2020 proses perluasan di Eropa kurang lebih akan tuntas, misalnya kasus perbatasan Rusia dan Turki. Spesialisasi ekonomi akan mencapai batas politiknya.

Pertarungan pertumbuhan ekonomi antara Jepang dengan Cina, diprediksi pada tahun 2020 akan tampil Cina sebagai kekuatan dominan. Cina akan bangkit laksana sang raksasa telah bangun, namun ini merupakan Cina yang berbeda.

Negara asia lainnya yang juga akan menjadi macan-macan baru di tahun 2020, salah satunya adalah Indonesia, yang ukuran dan sumber daya alamnya saja akan mengubahnya menjadi ekonomi yang paling besar di kawasan itu.

Pada tahun 2020, Amerika Serikat sebagai satu-satunya kekuatan adidaya akan segera berakhir.

-

Sementara ekonomi dunia telah bergeser, beberapa negara akan berhasil dan beberapa negara lainnya gagal. Memahami alasannya dan negara mana yang akan muncul sebagai negara yang paling kuat dalam generasi berikutnya sangat penting bagi kita semua. 

Ini mempengaruhi semua masa depan kita. Dunia di Tahun 2020 adalah wawasan baru yang radikal tentang cara dunia berubah. Ini memperlihatkan dengan jelas bagaimana sisi tajamnya lebih banyak segi budaya daripada teknologi dan mengapa keaslian akan terbukti sama pentingnya dengan disiplin dalam perjuangan untuk mendapatkan dominasi. 

Dengan menggunakan alat analitis yang mengungkapkan potensi yang sesungguhnya untuk pertumbuhan dan keserasian sosial di setiap negara, komentator terkemuka Hamish McRae menunjukkan bagaimana setiap perubahan demografis, biaya disintegrasi sosial dan perkembangan cepat sumber daya baru mendatangkan pergeseran dalam tatanan dunia. 

Dengan isinya yang menantang secara intelektual, mudah dipahami oleh pembaca umum, provokatif dan merangsang, Dunia di Tahun 2020 merupakan sebuah sumbangan penting kepada pengertian kita tentang dunia sebagaimana keadaannya sekarang dan bagaimana dunia akan berubah.


No comments:

Post a Comment

Featured Post

Stories of Crime and Detection

Related Posts