Oleh : W. Chan Kim & Renee Mauborgne
Penerbit : PT Serambi Ilmu Semesta, 2014
Tebal : 317 halaman
Pada intinya Blue Ocean Strategy atau Strategi Samudra Biru adalah strategi yang berusaha menciptakan ruang pasar baru sehingga tidak memiliki persaingan yang menjadikan suatu kompetisi menjadi tidak relevan lagi.
Sedangkan kebalikannya adalah Samudra Merah adalah persaingan dalam pasar yang direbutkan oleh industri yang ada saat ini. Dimana ruang pasar semakin lama akan menjadi sesak sehingga menjadi komoditas dan menjadikan kompetisi menjadi samudra merah yang penuh darah.
Kondisi diatas dapat terjadi karena pasokan barang melebihi dari permintaan yang ada.
Untuk itu diperlukan kanvas strategi sebagai kerangka aksi dan diagnosis untuk membangun strategi samudra biru.
Terdapat strategi yang salah yang dilakukan oleh perusahaan besar yaitu mereka mengira konsumen lebih membutuhkan kebaruan dan keunggulan teknologi baru sehingga perusahaan berasumsi teknologi tinggi yang dibutuhkan. Asumsi tersebut banyak keliru sehingga banyak pula penjualan yang gagal.
Lalu Michael Bloomberg dengan viso yang luar biasa menyediakan informasi keuangan sebagai analisa online sehingga memudahkan dalam menganalisa data saham.
Contoh lain adalah yang dilakukan oleh Bill Bratton, komisaris polisi New York City (NYPD) dimana pada tahun 1990-an, New York mengalami masa anarki, terdapat banyak kasus penodongan, pembunuhan dan perampokan.
Bill Bratton melakukan atomisasi yaitu Bill Bratton memecah tantangan menjadi atom-atom kecil, dari kota New York menjadi "blok ke blok", "sektor ke sektor" dan "wilayah ke wilayah". Sehingga tanggung jawab dari 1 orang komisaris terhadap 1 kota besar New York berpindah ke 36.000 petugas NYPD.
#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku
No comments:
Post a Comment