Wednesday, March 20, 2024

Dunia Sophie

Oleh : Josten Gaarder

Penerbit : Mizan, 1999

Tebal : 561 halaman

Siapakah kamu?

Itulah isi surat dari dalam amplop yang diterima oleh Sophie Amundsend dari kotak surat yang diambilnya sepulang dari sekolah.

Dari mana datangnya dunia?

Dan itu merupakan isi surat yang kedua yang diterima oleh Sophie berikutnya. Pertanyaan pertama masih belum terjawab, sudah muncul pertanyaan kedua, hal ini membuat kepala Sophie pusing.

Asal mula filsafat adalah rasa ingin tahu manusia. Cara terbaik untuk mendekati filsafat adalah dengan mengajukan beberapa pertanyaan filosofis.

Sepertinya 2 pertanyaan sebelumnya. Juga pertanyaan semisal, bagaimana dunia diciptakan? Apa kehendak dibalik apa yang terjadi? Adakah kehidupan setelah kematian?

Para filosof akan berusaha mengabaikan masalah-masalah yang sedang menjadi buah bibir dan justru mencoba untuk menarik perhatian orang-orang pada apa yang selalu benar, selalu indah dan selalu baik.

Manusia terdiri dari 3 hal, yaitu akal terletak di kepala, kehendak terletak di dada, dan nafsu terletak di perut. Akal mencita-citakan kebijaksanaan, kehendak terletak di dada, dan nafsu terletak di perut.]

Realitas terdiri atas berbagai benda terpisah yang menciptakan suatu kesatuan antara bentuk dan substansi. Substansi adalah bahan untuk membuat benda-benda, sedangkan bentuk adalah ciri khas masing-masing benda.

Misalnya seekor ayam yang selalu berkotek dan bertelur adalah ciri khas dari ayam yang menjadi bentuk ayam. Ciri khas dan bentuk adalah hakikatnya. Jika ayam mati, maka bentuk sudah tidak ada lagi, yang tersisa adalah substansi dari ayam. 


No comments:

Post a Comment

Featured Post

Stories of Crime and Detection

Related Posts