Saturday, February 15, 2020

Supply Chain Management untuk UMKM

Manajemen Rantai Pasokan untuk UMKM
Pengetahuan, Konsep dan Strategi Penerapan Supply Chain Management


Oleh : Suryo Wahono
Penerbit : CV Cakrawala Satria Mandiri, 2020
Tebal : 113 halaman


Sudah jamak didengar sebenarnya bahwa penopang perekonomian yang mempunyai kontribusi sangat besar dalam roda perekonomian bangsa Indonesia adalah UMKM. Namun saat itu tanpa dilengkapi data dari pernyataan dimaksud.

Dalam buku ini disebutkan bahwa pada tahun 1997 - 1998 saja, sebanyak lebih dari 80% UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia. Padahal saat itu Indonesia memasuki krisis moneter, dimana jumlah UMKM bukan menyusut, namun malah meningkat.

Luar biasa.

Bahkan yang sangat mencengangkan, pada tahun 2012 persentase jumlah dari UMKM di Indonesia adalah sebanyak 99%. Jumlah sebanyak ini jelas mempunyai peran penting dalam menopang perekonomian Indonesia karena UMKM tersebut bergerak di sektor riil.

Tentunya dengan jumlah persentase yang sangat luar biasa besar akan muncul tantangan bagi UMKM, setidaknya dalam buku ini dibahas ada 6 tantangan, diantaranya adalah kurangnya pemahaman SCM (Supply Chain Management) dan masih mengandalakan pembukuan secara manual.

Untuk menjawab tantangan tersebut dijelaskan penerapan Supply Chain Management untuk UMKM dan prioritas Supply Chain Management untuk UMKM.

Dimana setidaknya ada 4 prinsip dalam menerapkan Supply Chain Management, yaitu
  1. Efisiensi dan efektifitas
  2. Realibilitas atau konsistensi
  3. Fleksibilitas
  4. Inovasi
#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts