Saturday, October 12, 2019

Problem Solving and Decision Making for Improvement

Cara Cerdas dan Efektif dalam Memecahkan Masalah dan Mengambil Keputusan untuk Meningkatkan Kinerja Organisasi


Oleh : Berny Gomulya

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama, 2016
Tebal : 168 halaman


Tahun 1950, Benjamin & Charles, peneliti RAND Corporation melakukan penelitian kru radar di Markas Pertahanan Udara Amerika Serikat yang menyatakan bahwa beberapa perwira secara konsisten membuat keputusan yang lebih baik daripada yang lain, meskipun sama-sama mendapatkan pelatihan yang sama.

Orang yang dapat membuat keputusan lebih baik memiliki proses yang lebih baik. Dan kesimpulan dari penelitian tersebut mengidentifikasi 4 hal, yaitu :

  1. analisis situasi, 
  2. analisis persoalan, 
  3. analisis keputusan,
  4. analisis persoalan potensial.

Karakter manusia dalam menghadapi masalah setidaknya dapat dibagi menjadi 5, yaitu tipe pemimpi, tipe cepat reaksi, tipe pengeluh, tipe pengkritik dan tipe pemecah masalah.

Hukum Keyakinan (The Law of Belief) mengatakan bahwa "Apa pun yang Anda percayai dan yakini sepenuhnya, itu akan menjadi kenyataan". Dan "You don not only believe what you see, you rather see what you already believe".

Tahun 2008, Bain & Company melakukan survey terhadap 760 eksekutif perusahaan menyimpulkan bahwa efektivitas keputusan dan hasil kinerja keuangan berhubungan lebih dari 95%.

Presiden Amerika ke-26, Theodore Roosevelt mengatakan bahwa "In any moment of decision, the best thing you can do is ther right thing, the next best thing is the wrong thing, and the worst thing you can do is nothing".

Beberapa kesalahan dalam mengambil keputusan, adalah :
  1. Terburu-buru menentukan pilihan
  2. Tidak lengkap dalam mendefinisikan tujuan keputusan
  3. Tidak efektif dalam memanfaatkan informasi
  4. Tidak mempertimbangkan konsekuensi keputusan
  5. Tidak menyadari adanya pilihan lain
  6. Tidak melibatkan pihak lain secara efektif
#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts