Saturday, April 1, 2017

Sejarah Kitab-Kitab Suci


Oleh : Mukhlisin Purnomo, S.Th.I, M.Pd.I

Penerbit : Forum (Group Relasi Inti Media), 2017
Tebal : 364 halaman


Isi hukum Taurat yang diturunkan Tuhan kepada Musa di gunung Sinai adalah berisi sepuluh perintah (ten commandment) terdiri dari 2 bagian, bagian pertama mengajarkan kepada Israel cara berhubungan antara manusia dengan Tuham dan bagian yang kedua cara berhubungan manusia dengan manusia.

Sepuluh firman atau perintah tersebut adalah
  1. Keharusan mengakui ke-Esa-an Tuhan dan mencintai-Nya
  2. Larangan menyembah patung atau berhala, sebab Tuhan tidak dapat diserupakan dengan makhluk-makhluk-Nya baik yang ada di langit, di darat maupun di air.
  3. Perintah menyebut nama Tuhan dengan hormat
  4. Perintah memuliakan hari Sabat (Sabtu)
  5. Perintah menghormati ayah-ibu
  6. Larangan membunuh sesama manusia
  7. Larangan berbuat cabul (mendekati zina)
  8. Larangan mencuri
  9. Larangan berdusta (menjadi saksi palsu)
  10. Larangan berkeinginan memiliki atau menguasai barang orang lain dengan cara yang tidak benar 
Saat ini Perjanjian Lama (Old Testament) atau kitab Musa yang lima terdiri dari Genesis (Kejadian), Exodus (Keluaran), Leviticus (Imamat), Numbers (Bilangan) dan Deuteronomy (Ulangan).

Firauan mengeluarkan perintah untuk membunuh semua bayi laki-laki dari Israel, sehingga sewaktu lahir bayi Musa dihanyutkan ke sungai Nil yang kemudian ditemukan oleh Asiyah dan diberi nama Tutmosis atau Ahmosis atau Moses atau Musa yang mempunyai arti air (mu) dan pohon (sa).

Musa diberikan tugas untuk membebaskan Bani Israel dari kekuasaan Firauan di Mesir. Saat itu Mesir mendapatkan 10 tulah dimana puncaknya diperingati sebagai pari Pesakh (Paskah zaman Perjanjian Lama) oleh bangsa Yahudi.

Kitab Zabur atau Mazmur merupakan wahyu yang diturunkan kepada Nabi Daud atau David. Daud merupakan raja yang terkenal dalam kerajaan Israel, terutama sejak kemenangannya saat memimpin pasukan Raja Thalut melawan Jalut (Goliath) dari pasukan bangsa Filistin (Palestina), sehingga Daud kemudian menikah dengan putri Mikyal.

Alkitab atau Injil atau Bibel merupakan wahyu yang diturunkan kepada Nabi Isa atau Yesus atau Iesus (Yunani) atau Yehosua / Yosua (Ibrani) atau Yesua (Aram).

Ada 4 injil yang dikanonkan atau dinyatakan sebagai yang resmi yaitu Injil Matius, Injil Markus, Injil Lukas dan Injil Yohanes. Terdapat yang lain juga misalnya Injil Tomas, Yudas, Filipus, Petrus, Maria Magdalena, Yakobus, Bartolomeus, Barnabas, Andreas, Nikodemus, Matias, Mesir, Ibrani, Nazaret, Ebionim, Hawa.

Al-Quran adalah wahyu sekaligus mukjizat yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW mulai sejak berumur 40 tahun. Sebelumnya Muhammad terutama ketika berusia 35 tahun sudah dikenal sebagai juru damai dan penengah saat terjadi perselisihan.

Al-Quran menjadi mukjizat sebagai bukti terkuat atas kebenaran risalah kenabiannya, salah satunya dikarenakan keindahannya dimana saat itu bangsa Arab merupakan pengagum karya sastra. Selain itu kandungannya juga sejalan dengan teori dan fakta ilmiah modern saat ini.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts