Monday, June 13, 2016

My Career is Multi Career


Oleh : Lestari Nurhajati dan Ardiningtiyas Pitaloka

Penerbit : Tiga Serangkai, 2015
Tebal : 234 halaman


Mirip dengan pengalaman saat mencari buku dengan judul Ensiklopedi Halal Haram Makanan, setelah sweeping rak dari ujung ke ujung tapi masih juga belum ketemu. Akhirnya aku beli via bukalapak.com.

Dalam buku ini dibuka dengan kalimat bahwa karier yang ideal adalah bukan karier yang sempurna tanpa cela, namun merupakan proses bertumbuh pribadi dengan penuh makna. Sehingga memungkinkan orang tidak hanya mempunyai karier tunggal sebagai spesialisasinya, namun juga multi karier atau yang disebut juga dengan slash karier.

Menjadi seseorang dengan multi karier sudah dimulai sejak dulu kala, misalnya
Ibnu Sina : medicine / writer of astronomy / geography / islamic teology
Leonardo Da Vinci : painter / architect / engineer / writer
Benjamin Franklin : author / political theorist / scientist / diplomat

Dalam menemukan karier sebagai suatu proses perjalanan panjang, bermula dari adanya MINAT, kemudian berlanjut kepada HOBI dan kemudian PASSION.

Agar dalam menjalankan multi karier tidak terjebak dengan kebosanan, maka yang dilakukan bukanlah dengan memangkas waktu setiap program menjadi lebih pendek, namun melainkan dengan cara membuat kerangka waktu dibuat menjadi lebih panjang.

Untuk itu yang dibutuhkan adalah disiplin pribadi yang sangat, hal ini dikarenakan seseorang yang mempunyai multi karier harus dapat menjalankan berbagai macam aktivitas yang terkadang dalam waktu sekaligus bersamaan. Untuk itu buatlah jadwal yang baik lalu laksanakan jadwal tersebut dengan ontime.

Terkadang saat menjalani multi karier kita akan mengalami kebosanan, untuk memotivasi diri, maka kita perlu mengingat kembali, apa tujuan terbesar kita dalam menjalani karier kita.

Salah satu tips sukses dalam menjalani multikarier ini adalah kita harus mempunyai networking dan pengetahuan sehingga saat terjadi konflik kita dapat menyelesaikannya dengan positif.

Perlu diingat bahwa bukan berarti karena kita menjalani multi karier maka kita harus menjadi superman. Sama sekaali tidak. Kita harus menyadari keterbatasan diri kita. Untuk itu kita perlu mempunyai alarm untuk mengelola energi sehingga tetap efektif, efisien dan fun.

Terakhir yang perlu diingat adalah bahwa karier yang tunggal dapat diraih dan dapat menjadi sukses membutuhkan waktu yang cukup lama, terlebih kita saat akan menjalani multi karier. Tidak ada yang instan di dunia ini. Untuk itu jangan selalu melihat hasil saat kita menjalani prosesnya. Karena proses yang dijalankan dengan hati dan sungguh-sungguh akan jauh lebih bermakna dibandingkan hasil instan yang kita peroleh.

#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts