Sunday, December 18, 2005

Melacak Jejak Tuhan dalam Sains

Tafsir Islami atas Sains


Oleh : Mehdi Golshani

Penerbit : PT Mizan Pustaka, 2004
Tebal : 149 halaman


Sains dan teknologi berkembang pesat dalam dasawarsa terakhir. Dengan sains dan teknologi kehidupan manusia banyak yang menjadi lebih baik dan berkembang ke arah positif, meski dampak negatif yang ditimbulkannya juga dapat merugikan.

Penulis juga mempunyai pendekatan yang sedemikian rupa yang beliau sebut dengan sains islami tanpa meleburkan sains dan Islam dengan ceroboh.

Yang dimaksud sains islami adalah sains dan teknologi yang ditempatkan dalam kerangka sudut pandang Islam sehingga dengan adanya perkembangan sains dan teknologi dapat memperkuat manusia dalam beribadah kepada Allah sebagai Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam sudut pandang Al-Quran dunia diciptakan dengan dihiasi sains dan teknologi serta pengetahuan alam semesta menjadi harmoni yang indah yang akhirnya membawa kita ke gerbang pemahaman tentang Rencana Besar Sang Pencipta sebagai tujuan diciptakkanya semua hal tersebut.

"Dan mengapa mereka tidak memikirkan tentang (kejadian) diri mereka? Allah tidak menjadikan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar dan waktu yang ditentukan. Dan sesungguhnya kebanyakan di antara manusia benar-benar ingkar akan perjumpaan dengan Tuhannya" 
(QS Al-Rum [30]:8)

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts