Saturday, February 5, 2005

Kontroversi Bisnis Aa Gym

Koreksi untuk Pengagum Aa Gym dan Pecinta MLM


Oleh : Sopian

Penerbit : Pustaka Medina, 2004
Tebal : 122 halaman


Buku ini dimulai dengan definisi bisnis MLM, dimana MLM atau Multi Level Marketing adalah pemasaran yang berjenjang menjadi jaringan kerja atau Networking Marketing. Sejatinya MLM dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu yang pertama komoditas di bidang keuangan dan yang kedua adalah produk consumer good (kebutuhan sehari-hari).

Jenis yang pertama yaitu bidan keuangan biasanya berbentuk arisan berantai yang biasanya dan tidak jarang berujung pada modus penipuan.

Sedangkan jenis kedua yaitu bidang consumer good, keuntungan didapatkan dari selisih dari harga beli (atau harga produksi) dengan harga jual.

MLM terutama yang jenis kedua dianggap sebagai suatu terobosan dalam sistem perdagangan dalam upaya menciptakan kemandirian usaha di tengah sempitnya peluang usaha dan perekonomian yang tidak menentu.

Mungkin atas alasan sosial ekonomi ini Aa Gym mendirikan MQ-Net yaitu perusahaan dengan berbasis pada jaringan pemasaran dengan tujuan meningkatkan taraf ekonomi umat sekaligus menjadi media dakwah dan menjalin tali silaturahmi antar umat.

Dalam buku ini diungkapkan beberapa kemungkinan alasan Aa Gym mendirikan Q-Net
- Setiap orang dapat melakukannya
- Pendidikan bisnis yang mengubah hidup
- Nilai berpindah kuadran dan sebagai potensi yang tidak terbatas
- Nilai menghidupkan impian
- Nilai kepemimpinan
- Kontinuitas kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembinaan
- Membantu orang lain

Masih dalam buku ini juga diungkapkan beberapa kunci sukses bisnis Aa Gym
1. Kejujuran yang terbukti dan teruji
2. Cakap
3. Inovatif

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts