Raih Keberhasilan dengan Mengelola Waktu Anda
Oleh : James Manktelow
Penerbit : Liris, 2006
Tebal : 184 halaman
Sangatlah penting membangun cita-cita sebagai tujuan hidup. Hal ini dapat menjadi alasan atau motivasi kita agar mampu mengatur atau melakukan manajemen waktu yang efektif dengan menentukan prioritas. Namun perlu diingat bahwa tugas yang paling mendesak tidak selalu merupakan tugas yang paling penting. Dominasi urgensi ini bisa ditentukan berdasar penyimpangannya pada skala prioritas.
Oleh karena itu tujuan dapat membantu kita untuk mengidentifikasi dan tetap fokus pada tujuan.
Untuk itu kita harus mempunyai tujuan yang mencakup beberapa hal yaitu diantaranya Spesifik, Measurable, Attainable, Relevan dan Time-bound.
Dalam manajemen waktu hal yang utama dan pertama adalah melakukan penjadwalan. Dalam menyusun jadwal artinya kita harus dapat memperhatikan waktu yang tersedia, merencanakan dan menggunakan untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah diidentifikasikan.
Penjadwalan dapat kita lakukan melalui buku agenda, kalender, kertas catatan, atau menggunakan perangkat lunak atau elektronik.
Yang tidak kalah penting kita harus melakukan evaluasi atau koreksi pekerjaan mulai dari pekerjaan organisasi, pekerjaan terencana dan pekerjaan di luar rencana.
No comments:
Post a Comment