Saturday, October 1, 2016

Meretas Konsep Ekonomi Berbagi

Unveiling the Concept of Sharing Economy


Oleh : Harris Turino

Penerbit : PT Kesuma Putra Kreatif, 2016
Tebal : 209 halaman


Beberapa tahun terakhir ini ramai orang membicarakan sharing economy. Baik sebagai bahan diskusi atau sebagai kerja sampingan bahkan pekerjaan utama sebagai bagian dari ekonomi kreatif yang tidak hanya berkembang di Indonesia, namun juga di dunia.

Jika kita melihat perusahaan besar yang pernah berjaya beberapa tahun lalu, dapat dilihat hal yang sama yaitu keengganan berubah atau terjadi organization inertia.

Berbicara tentang perusahaan konvensional, maka sebelum mendirikan kita harus menyiapkan sumberdaya dan fasilitas. Namun dengan konsep sharing economy maka perusahaan tidak harus memiliki dan menguasai sumberdaya kritikal.

Memang dalam konsep sharing economy akan terdapat faktor ketidakpastian, namun hal inilah yang menjadi keunggulan, misalnya taxi online, mobil dan pengemudi menjadi tidak pasti namun dilihat dari segi biaya jelas juga berbeda.

Perusahaan dapat langgeng jika mempunyai keunggulan biaya atau memiliki overall cost leadership sebagai competitive strategy.

Sehingga konsep sharing economy ini merupakan peluang bisnis baru yang dapat menimbulkan revolusi dalam perkembangan ekonomi dunia.

Manusia yang menggunakannya pun tidak hanya sekedar didasarkan oleh kebutuhan, namun juga sudah menjadi layaknya fashion, dimana manusia yang menggunakan terkadang tanpa memperhitungkan dari faktor ekonomis.

Terkadang kita heran bagaimana perusahaan sharing economy tersebut dapat memperoleh profit. Hal ini berbeda dengan perusahaan konvensional yang mempunyai keuntungan berupa dividen, sedangkan perusahaan sharing economy mempunyai target pada capital gain, sehingga database traffic dan database transaksi menjadi tolok ukur utama. Sehingga tak heran dari beberapa perusahaan sharing economy berani memberikan subsidi yang cukup besar untuk mencapai tujuan tersebut.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts