Wednesday, October 26, 2016

Consumer 3000

Revolusi Konsumen Kelas Menengah Indonesia


Menangkan Pasar Paling Besar dan Paling Menguntungkan di Indonesia
Be a Middle-Class Brand

Oleh : Yuswohady

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama, 2012
Tebal : 261 halaman


GDP $3000 merupakan angka batas suatu negara masuk jajaran negara berpendapatan menengah. Contohnya adalah negara China pada tahun 2002 mencanangkan pada tahun 2020 dengan target GDP per kapita $3000. Meskipun pada realitanya target tersebut sudah dicapai pada tahun 2008-2009.

Sedangkan untuk negara Indonesia berdasarkan data dari BPS pada bukan Desember 2010 GDP atau Gross Domestic Product kita telah mencapai angka $ 3000 atau tepatnya $ 3004,9.

Negara lain selain Indonesia dan China, telah mencapai angka $ 3000 pada tahun yang lebih awal. Misalnya Amerika Serikat pada tahun 1940, Korea Selatan pada tahun 1980, negara Brasil pada tahun 1990.

Dampak yang nyata timbul adalah terjadinya mass luxury yaitu banyak barang mewah menjadi downgrade atau menjadi tidak mewah-mewah amat. Dalam hal ini contoh yang dapat kita jadikan acuan adalah handphone atau smartphone.

Kharakteristik Consumer 3000 adalah sebelum membeli mereka akan mecari referensi sebelumnya melalui internet atau media sosial misalnya facebook dan twitter.

Hal positif dari kelas menengah adalah mereka selain sudah memiliki rumah dan layanan kesehatan mapan, juga mendapatkan pendidikan layak untuk anak mereka, memiliki dana pensiun yang cukup dan job security yang memadai.


No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts