Sunday, July 22, 2007

Cendekiawan Muslim

Dari Khalili sampai Habibie


Oleh : M. Natsir Arsyad

Penerbit : PT RajaGrafindo Persada, 2000
Tebal : 436 halaman


Buku ini menukilkan riwayat keilmiahan para tokoh intelektual Islam sejak periode tahun 750 hingga 1100 Masehi dengan harapan akan menjadi teladan dan penggugah generasi muda untuk menangkap semangat da api ajaran Islam.

Berangkat dari perintah Allah kepada hamba-Nya dan diperkuat Rasul-Nya untuk mencari dan menyingkap rahasia kebesaran ciptaan-Nya. Islam menajdi agama yang pekat dengan kondisi keilmuan.

Terdapat 70 nama cendekiawan muslim yang disebutkan dalam buku ini.

Diantaranya adalah yang disebutkan pada nomor urut 18, di halaman 88, yaitu Al-Kashi atau Al-Cashi. Beliau adalah matematikawan kawakan dan maestro astronomi pertama yang memperkenalkan pecahan desimal.

Dalam kitab hasil pemikiran dari Al-Cashi yaitu "Risala al-Muhitiyya", dimana beliau mengexplorasi dan menentukan besarnya nilai bilangan phi yang merupakan angka atau konstanta yang penting dalam menghitung luas dan keliling lingkaran.

Magnum Opum atau adikaryanya yang berjudul "Risala Kamatiyya" mengulas tuntas mengenai ukuran dan jarak benda-benda langit.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts